Bahan ajar berbasis IT
Pendahuluan
A. LATAR BELAKANG
Proses pembelajaran dilakukan guna memberikan pengetahauan yang belum dipahami peserta didik maupun mengembangkan pengetahuan yang telah dipahami peserta didik. Mengingat tujuan pembelajaran tersebut makanya perlu ada timbal balik dari peserta didik agar peserta didik dapat memahami lebih dalam dari materi pembelajaran yang disampaikan.Untuk menciptakan hubungan timbal balik antara pendidik dan peserta didik seperti yang diinginkan diperlukan kesungguhan antara keduanya.Dalam menggali kesungguhan pada peserta didik terkadang merupakan hal yang tidak mudah.Hal ini membutuhkan teknik yang bervariasi.Salah satu hal yang bisa divariasi selain tekniknya adalah dalam hal penggunaan bahan ajar.
Bahan ajar yang dapat digunakan oleh pendidik sangatlah banyak.Bahan ajar ini penting untuk divariasikan dalam pembelajaran agar peserta didik tidaklah mudah bosan karena bahan ajar yang digunakan hanya monoton saja.Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dan termasuk bahan ajar yang menarik juga bagi peserta didik adalah bahan ajar interaktif.Memang bahan ajar ini membutuhkan perangkat atau media pendukung seperti komputer/laptop dan LCD proyektor.Meskipun demikian, bukan menjadi halangan untuk seorang pendidik mengembangkan bahan ajar ini, mengingat semakin berkembangnya teknologi saat ini.Dengan berkembangnya teknologi inilah seorang pendidik dituntut untuk bisa memanfaatkan dengan bijak kemajuan ini. Pemanfaatan tersebut salah satunya yaitu dalam penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran dan bahan ajar interaktif ini dapat menjadi rujukan untuk dikembangkan.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian bahan ajar interaktif?
2. Apa Tujuan dari pembuatan bahan ajar interaktif?
3. Apa manfaat pembuatan bayan ajar interaktif?
4. Apa saja unsur-unsur penyusun bahan ajar interaktif?
5. Bagaimana langkah-langkah pembuatan bahan ajar interaktif?
6. Apa kelebihan dan kekurangan bahan ajar interaktif?
7. Apakah multimedia pembelajaran interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa?
C. Tujuan
1. Pengertian bahan ajar interaktif.
2. Tujuan pembuatan bahan ajar interaktif.
3. manfaat pembuatan bahan ajar interaktif.
4. Unsur-unsur penyusun bahan ajar interaktif.
5. Langkah-langkah pembuatan bahan ajar interaktif.
6. Kelebihan dan kekurangan bahan ajar interaktif..
7. Multimedia pembelajaran interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
BAB II
ISI
A. Pengertian Bahan Ajar Interaktif
Menurut Guidelines for Bibliographic Description of Interactive Multimediadalam Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar (2004), bahan ajar interaktif adalah kombinasi dari dua atau lebih media (audio, teks, grafik, gambar, dan video) yang oleh penggunanya dimanipulasi untuk mengendalikan perintah dan atau perilaku alami dari suatu presentasi.
Bahan ajar interaktif juga dapat disimpulkan sebagai bahan ajar yang mengombinasikan beberapa media pembelajaran (audio, video, teks, atau grafik) yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah atau perilaku alami dari suatu presentasi.Dengan demikian, terjadi hubungan dua arah antara bahan ajar dan penggunanya. Sehingga, kalau proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan bahan ajar seperti ini, peserta didik dapat terdorong untuk bersikap aktif.
B. Tujuan pembuatan bahan ajar interaktif
Untuk tujuan pembuatan bahan ajar, setidaknya ada empat hal pokok yang diungkapkan oleh prastowo (2011 : 26-27) yang melingkup
1. Membantu peserta didik dalam mempelajari sesuatu
2. Menyediakan berbagai jenis pilihan baha ajar, sehingga mencegah timbulnya ras bosan pada peserta didik
3. Memudahkan peserta didik dalam melakukan pembelajaran
4. Agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik
C. Manfaat pembuatan bahan ajar interaktif
Prastowo (2011:27-28) adapun manfaat atau kegunaan pembuatan bahan ajar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kegunaan bagi pendidik dan kegunaan bagi peserta didik
a. Kegunaan ada tiga kegunaan pembutan bahan ajar bagi pendidik diantaranya:
1. Pendidik akan memiliki bahan ajar yang dapat membantu dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran
2. Bahan ajar dapat diajukan sebagai karya yang dinilai untuk menambah angka kridit pendidik guna keperluan kenaikan pangkat.
3. Menambah penghasilan bagi pendidik jika hasil karya diterbitkan
b. Kegunaan bagi peserta didik
Apabila bahan ajar tersedia secara bervariasi, inovatif, dan menarik, maka palingtidak ada tiga kegunaan bahan ajar bagi peserta didik diantaranya sebagai berikut:
1. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik
2. Peserta didik lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk belajar secara mandiri degan bimbingan pendidik.
3. Peserta didik mendapat kemudahan dalam mempelajari kompetensi yang harus di kuasainya.
D. Unsur-Unsur Penyusunan Bahan Ajar Interaktif
Berdasarkan strukturnya, bahan ajar interaktif dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu CD interaktif dan orang. Struktur bahan ajar yang berbentuk CD interaktif meliputi enam komponen, yaitu: Judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, dan penilaian. Sedangkan struktur bahan ajar interaktif berbentuk orang meliputi tujuh komponen, yaitu: judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, tugas atau langkah kerja, dan penilaian.
E. Langkah-Langkah Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Interaktif
Langkah-langkah penyusunan dan pengembangan bahan ajar interaktif adalah sebagai berikut:
1. Judul diturunkan dari kompetensi dasar atau materi pokok sesuai dengan besar kecilnya materi.
2. Petunjuk pembelajaran dituliskan secara jelas agar peserta didik mudah dalam menggunakannya.
3. Informasi pendukung dijelaskan secara jelas, padat, dan menarik dalam bentuk tertulis atau gambar diam maupun gambar bergerak.
4. Tugas-tugas ditulis dalam program interaktif
5. Penilaian dapat dilakukan terhadap hasil karya dari tugas yang diberikan pada akhir pembelajaran, yang dapat dilihat oleh pendidik melalui komputer
6. Gunakan berbagai sumber belajar yang dapat memperkaya materi. Misalnya buku, majalah, internet, dan jjurnal hasil penelitian sebagai bahan membuat program bahan ajar interaktif.
Perlu dipahami bahwa dalam pembuatan CD interaktif memerlukan aplikasi demonstrasi interaktif pada komputer. Ada berbagai jenis software aplikasi, seperti Adobe Flash Player, Macromedia Flash Player, Macromedia Flash MX, Macromedia Captivate, dan lain sebagainya.
Dalam buku yang berjudul “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif” ini, akan mempelajari cara membuat bahan ajar CD multimedia interaktif yang menarik dengan menggunakan aplikasi Macromedia® CaptivateTM. Macromedia® CaptivateTM adalah aplikasi yang diperuntukan bagi pengguna professional, yang dapat dengan mudah membuat demonstrasi interaktif serta simulasi dalam berbagai format, termasuk Flash (SWF) dan EXE
A. LATAR BELAKANG
Proses pembelajaran dilakukan guna memberikan pengetahauan yang belum dipahami peserta didik maupun mengembangkan pengetahuan yang telah dipahami peserta didik. Mengingat tujuan pembelajaran tersebut makanya perlu ada timbal balik dari peserta didik agar peserta didik dapat memahami lebih dalam dari materi pembelajaran yang disampaikan.Untuk menciptakan hubungan timbal balik antara pendidik dan peserta didik seperti yang diinginkan diperlukan kesungguhan antara keduanya.Dalam menggali kesungguhan pada peserta didik terkadang merupakan hal yang tidak mudah.Hal ini membutuhkan teknik yang bervariasi.Salah satu hal yang bisa divariasi selain tekniknya adalah dalam hal penggunaan bahan ajar.
Bahan ajar yang dapat digunakan oleh pendidik sangatlah banyak.Bahan ajar ini penting untuk divariasikan dalam pembelajaran agar peserta didik tidaklah mudah bosan karena bahan ajar yang digunakan hanya monoton saja.Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan dan termasuk bahan ajar yang menarik juga bagi peserta didik adalah bahan ajar interaktif.Memang bahan ajar ini membutuhkan perangkat atau media pendukung seperti komputer/laptop dan LCD proyektor.Meskipun demikian, bukan menjadi halangan untuk seorang pendidik mengembangkan bahan ajar ini, mengingat semakin berkembangnya teknologi saat ini.Dengan berkembangnya teknologi inilah seorang pendidik dituntut untuk bisa memanfaatkan dengan bijak kemajuan ini. Pemanfaatan tersebut salah satunya yaitu dalam penggunaan bahan ajar dalam proses pembelajaran dan bahan ajar interaktif ini dapat menjadi rujukan untuk dikembangkan.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian bahan ajar interaktif?
2. Apa Tujuan dari pembuatan bahan ajar interaktif?
3. Apa manfaat pembuatan bayan ajar interaktif?
4. Apa saja unsur-unsur penyusun bahan ajar interaktif?
5. Bagaimana langkah-langkah pembuatan bahan ajar interaktif?
6. Apa kelebihan dan kekurangan bahan ajar interaktif?
7. Apakah multimedia pembelajaran interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa?
C. Tujuan
1. Pengertian bahan ajar interaktif.
2. Tujuan pembuatan bahan ajar interaktif.
3. manfaat pembuatan bahan ajar interaktif.
4. Unsur-unsur penyusun bahan ajar interaktif.
5. Langkah-langkah pembuatan bahan ajar interaktif.
6. Kelebihan dan kekurangan bahan ajar interaktif..
7. Multimedia pembelajaran interaktif mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
BAB II
ISI
A. Pengertian Bahan Ajar Interaktif
Menurut Guidelines for Bibliographic Description of Interactive Multimediadalam Pedoman Umum Pengembangan Bahan Ajar (2004), bahan ajar interaktif adalah kombinasi dari dua atau lebih media (audio, teks, grafik, gambar, dan video) yang oleh penggunanya dimanipulasi untuk mengendalikan perintah dan atau perilaku alami dari suatu presentasi.
Bahan ajar interaktif juga dapat disimpulkan sebagai bahan ajar yang mengombinasikan beberapa media pembelajaran (audio, video, teks, atau grafik) yang bersifat interaktif untuk mengendalikan suatu perintah atau perilaku alami dari suatu presentasi.Dengan demikian, terjadi hubungan dua arah antara bahan ajar dan penggunanya. Sehingga, kalau proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan bahan ajar seperti ini, peserta didik dapat terdorong untuk bersikap aktif.
B. Tujuan pembuatan bahan ajar interaktif
Untuk tujuan pembuatan bahan ajar, setidaknya ada empat hal pokok yang diungkapkan oleh prastowo (2011 : 26-27) yang melingkup
1. Membantu peserta didik dalam mempelajari sesuatu
2. Menyediakan berbagai jenis pilihan baha ajar, sehingga mencegah timbulnya ras bosan pada peserta didik
3. Memudahkan peserta didik dalam melakukan pembelajaran
4. Agar kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik
C. Manfaat pembuatan bahan ajar interaktif
Prastowo (2011:27-28) adapun manfaat atau kegunaan pembuatan bahan ajar dapat dibedakan menjadi dua, yaitu kegunaan bagi pendidik dan kegunaan bagi peserta didik
a. Kegunaan ada tiga kegunaan pembutan bahan ajar bagi pendidik diantaranya:
1. Pendidik akan memiliki bahan ajar yang dapat membantu dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran
2. Bahan ajar dapat diajukan sebagai karya yang dinilai untuk menambah angka kridit pendidik guna keperluan kenaikan pangkat.
3. Menambah penghasilan bagi pendidik jika hasil karya diterbitkan
b. Kegunaan bagi peserta didik
Apabila bahan ajar tersedia secara bervariasi, inovatif, dan menarik, maka palingtidak ada tiga kegunaan bahan ajar bagi peserta didik diantaranya sebagai berikut:
1. Kegiatan pembelajaran menjadi lebih menarik
2. Peserta didik lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk belajar secara mandiri degan bimbingan pendidik.
3. Peserta didik mendapat kemudahan dalam mempelajari kompetensi yang harus di kuasainya.
D. Unsur-Unsur Penyusunan Bahan Ajar Interaktif
Berdasarkan strukturnya, bahan ajar interaktif dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu CD interaktif dan orang. Struktur bahan ajar yang berbentuk CD interaktif meliputi enam komponen, yaitu: Judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, dan penilaian. Sedangkan struktur bahan ajar interaktif berbentuk orang meliputi tujuh komponen, yaitu: judul, petunjuk belajar, kompetensi dasar atau materi pokok, informasi pendukung, latihan, tugas atau langkah kerja, dan penilaian.
E. Langkah-Langkah Penyusunan dan Pengembangan Bahan Ajar Interaktif
Langkah-langkah penyusunan dan pengembangan bahan ajar interaktif adalah sebagai berikut:
1. Judul diturunkan dari kompetensi dasar atau materi pokok sesuai dengan besar kecilnya materi.
2. Petunjuk pembelajaran dituliskan secara jelas agar peserta didik mudah dalam menggunakannya.
3. Informasi pendukung dijelaskan secara jelas, padat, dan menarik dalam bentuk tertulis atau gambar diam maupun gambar bergerak.
4. Tugas-tugas ditulis dalam program interaktif
5. Penilaian dapat dilakukan terhadap hasil karya dari tugas yang diberikan pada akhir pembelajaran, yang dapat dilihat oleh pendidik melalui komputer
6. Gunakan berbagai sumber belajar yang dapat memperkaya materi. Misalnya buku, majalah, internet, dan jjurnal hasil penelitian sebagai bahan membuat program bahan ajar interaktif.
Perlu dipahami bahwa dalam pembuatan CD interaktif memerlukan aplikasi demonstrasi interaktif pada komputer. Ada berbagai jenis software aplikasi, seperti Adobe Flash Player, Macromedia Flash Player, Macromedia Flash MX, Macromedia Captivate, dan lain sebagainya.
Dalam buku yang berjudul “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif” ini, akan mempelajari cara membuat bahan ajar CD multimedia interaktif yang menarik dengan menggunakan aplikasi Macromedia® CaptivateTM. Macromedia® CaptivateTM adalah aplikasi yang diperuntukan bagi pengguna professional, yang dapat dengan mudah membuat demonstrasi interaktif serta simulasi dalam berbagai format, termasuk Flash (SWF) dan EXE
Komentar
Posting Komentar